10 Tips Menghindari Baterai Smartphone Agar Tak Mudah Meledak

10 Tips Menghindari Baterai Smartphone Agar Tak Mudah Meledak - Akhir-akhir ini pengguna smartphone di hebohkan dengan kasus meledaknya smartphone yang bahkan menyebabkan pemiliknya terluka. Nah, baru-baru ini dunia dihebohkan dengan meledaknya Samsung Galaxy Note 7 yang kabarnya disebabkan oleh baterai yang digunakannya.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Atas kejadian tersebut, pihak Samsung akhirnya terpaksa menarik Samsung Galaxy Note 7 dari pasar global. Setelah diusut, ternyata terdapat kesalahan fatal pada komponen baterai yang di gunakan smartphone tersebut.

Dengan adanya kejadian tersebut, tentunya secara tidak langsung akan membuat pengguna smartphone menjadi khawatir tentang keamanan dan kenyaman sebuah smartphone serta komponen-komponen yang digunakan pada smartphone tersebut.

Sebenarnya kita bisa melakukan beberapa cara sederhana yang dapat mencegah smartphone meledak. Berikut ini cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah smartphone kamu meledak yang saya kutip dari berbagai sumber di internet.

10 Tips Menghindari Baterai Smartphone Agar Tak Mudah Meledak

1. Mengatur Penggunan Smartphone

Penggunaan smartphone yang cukup lama seperti bermain game, menonton video beresolusi tinggi, internetan, atau video call akan menguras penggunaan daya baterai dan membuat suhu baterai meningkat. Untuk itu, sebaiknya kamu atur penggunaan smartphone kamu, seperti bermain game sekitar 15 - 25 menit saja, dan video call maksimal 1 jam. Tujuannya untuk menghemat baterai dan juga menghindari overheating yang bisa menyebabkan meledaknya baterai.

2. Pilih Charger Yang Tepat

Terkadang ketika kita terburu-buru untuk berangkat ke sekolah atau ke kantor, kita lupa membawa charger smartphone kita. Sehingga ketika baterai smartphone kita low atau bahkan habis kita harus meminjam charger milik teman kita. Hal ini tidak disalahkan namun dengan beberapa syarat.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Syaratnya adalah pastikan charger milik teman kamu itu sesuai dan cocok dengan smartphone kamu. Mengapa? Karena jika tidak sesuai akan memperpendek umur baterai dan juga akan meningkatkan resiko baterai untuk meledak.

Jadi, sebelum kamu mengecas dengan charger yang bukan bawaan smartphone kamu, pastikan terlebih dahulu apakah charger tersebut sesuai dengan smartphone kamu.

3. Gunakan Baterai Yang Asli atau Original atau Merek Pengganti Yang Terkenal

Jika baterai smartphone kamu sudah rusak, maka gantilah dengan baterai yang original atau asli. Namun, jika kamu belum mampu untuk membeli baterai yang original bawaan pabrik atau kamu tidak menemukan baterai original bawaan pabrik, kamu bisa menggantinya dengan baterai dari merk lain yang cukup terkenal dan memiliki reputasi yang cukup baik pula dan pastikan pula sesuai dengan smartphone kamu.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Jangan mudah tergoda dengan baterai yang dijual dengan harga murah. Sah-sah saja jika kamu membeli baterai dengan harga yang murah, tapi kamu harus pertimbangkan pula berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk memperbaiki smartphone kamu apabila terjadi kerusakan pada smartphone kamu.
Baca Juga : 7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

4. Jangan Meninggalkan Smartphone di Tempat Yang Panas

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Mengecas smartphone di tempat yang panas apalagi sampai meninggalkannya, akan memicu terjadinya overheating pada smartphone. Karena suhu lingkungan sangat mempengaruhi baterai. Pasalnya, baterai yang terbuat dari Lithium sangat mudah meledak. Jadi, ketika kamu menyimpannya di tempat yang panas, akan meningkatkan resiko meledaknya baterai.

5. Charge Smartphone di Tempat Yang Berventilasi

Apabila kamu ingin men-charge smartphone kamu, carilah tempat yang memiliki ventilasi yang cukup baik. Karena dengan sirkulasi udara yang baik, aliran panas akan terdistribusikan keluar. Dengan begitu akan mengurangi resiko meledaknya baterai smartphone.

6. Charge Smartphone Saat Baterai di Bawah 50 Persen

Resiko baterai jenis Li-ion untuk meledak akan menjadi besar apabila voltase baterai tersebut rendah. Sebenarnya ketika baterai smartphone terisi penuh, kondisi baterai relatif panas karena baru saja di charge. Oleh sebab itu, charge smartphone kamu ketika baterai smartphone kamu di bawah 50% atau ketika suhu smartphone dalam keadaan dingin.

7. Hindari Kondisi Ekstrim

Mungkin ada beberapa orang yang menganggap kalau men-charge smartphone ketika baterai dalam keadaan benar-benar kosong atau nol persen akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama. Sah-sah saja jika kamu melakukan hal tersebut asalkan kamu tahu cara yang benarnya. Karena jika caranya salah akan mengurangi umur baterai.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Pengisian daya dengan men-charge baterai smartphone mulai dari 0% - 100% biasanya sering disebut dengan charge cycle. Charge Cycle ini sebaiknya hanya dilakukan sebulan sekali. Tujuannya untuk mengalibrasi ulang kapasitas pada sebuah baterai.
Baca Juga : Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu

8. Perhatikan Ketika Charge

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Hal ini biasanya yang menjadi penyebab utama baterai smartphone menjadi gembung atau bahkan yang lebih parah lagi , yaitu meledak. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika men-charge smartphone, yakni tidak men-charge di tempat tidur, tidak menggunakan smartphone ketika di charge, dll. Sebaiknya taruhlah smartphone kamu di tempat yang keras dan juga datar serta tempat yang memiliki suhu yang relatif normal seperti meja ketika men-charge smartphone. Tujuannya untuk menghindari terjadinya panas yang berlebih pada baterai.

9. Hindari Men-charge Smartphone Yang Berlebihan

Meskipun smartphone saat ini sudah dibekali baterai dengan kapasitas besar, tetap saja baterai smartphone bisa boros. Untuk sebaiknya jangan men-charge smartphone dalam jangka waktu yang lama atau bahkan semalaman. Tujuannya untuk menghindari terjadinya panas berlebih dan juga meledaknya baterai. Memang baterai smartphone saat ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang pintar dan canggih yang bisa menghentikan proses charging secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Meledak

Namun tetap saja baterai harus terus diisi dan hal ini bisa menyebabkan baterai kepanasan hingga menimbulkan reaksi seperti ledakan. Untuk itu pastikan kamu men-charge smartphone maksimal selama 3-4 jam. Namun yang pasti, jika smartphone telah panas itu pertanda buat kamu untuk menghentikan sementara proses charging sampai suhu smartphone normal baru ulangi proses charging lagi.

10. Rawat Baterai Smartphone Kamu Dengan Selalu Mengisi Dayanya

Tips yang terakhir adalah rawatlah selalu baterai smartphone kamu dengan selalu mengisi dayanya. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen baterai tersebut dan juga untuk mencegah baterai low ketika digunakan.


Itulah 10 Tips Menghindari Baterai Smartphone Agar Tak Mudah Meledak. Semoga dengan tips-tips yang saya berikan bisa mencegah baterai smartphone kamu untuk meledak. Amiin.

Wassalam...

1 comment:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.