Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu - Bukan rahasia lagi bahwa daya tahan baterai merupakan salah satu masalah yang sering ditemui pengguna smartphone Android. Terlebih beberapa pabrikan hadir dengan teknologi yang semakin mumpumi sehingga membutuhkan daya yang besar pula.

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu

Meskipun sudah banyak vendor smartphone di dunia yang membuat smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Tetap saja hal yang satu ini terjadi.

Untuk itu, beberapa pabrikan smartphone saat ini sudah membekali smartphone besutannya dengan fitur-fitur untuk menghemat daya baterai. Tak hanya itu, di Google Play Store juga sudah banyak aplikasi-aplikasi yang menjanjikan akan membuat performa baterai lebih baik dengan menginstal aplikasi tersebut.

Namun, itu semua tidak menjamin bahwa performa baterai akan lebih tahan lama. Diperlukan juga beberapa cara penggunaan yang tepat untuk membuat daya tahan baterai menjadi lebih baik. Untuk itu, saya akan memberikan tipsnya. Berikut tipsnya :

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu

1. Smartphone Android Kamu Tidak Harus Selalu Menjadi Pintar

Beberapa pabrikan smartphone Android saat ini tak jarang menyematkan fitur-fitur tertentu yang membuat akan smartphone kamu menjadi lebih 'pintar'. Namun, kenyataanya tidak banyak yang menggunakan fitur-fitur tersebut. Jadi, ada baiknya untuk mematikan beberapa fitur tersebut, terutama untuk fitur-fitur yang sangat jarang digunakan.

2. Berikan Waktu Sejenak Buat Smartphone Kamu Beristirahat

Memang diakui pengguna Android sangat sering menggunakan smartphone-nya untuk terhubung dengan internet. Mulai dari sekadar bergelut di media sosial, membaca berita ataupun bermain game. Namun, perlu diketahui bahwa diperlukan juga waktu istirahat sejenak ketika terhubung internet. Terutama apabila dirasa dalam kondisi yang tidak memungkinkan, seperti di tempat yang tidak memiliki sinyal internet atau masuk dalam jangkauan Wi-Fi. Mematikan koneksi data atau Wi-Fi dalam kondisi tersebut tentu saja dapat menghemat penggunaan baterai. Jadi, bukan hanya manusia saja yang perlu istirahat, smartphone pun juga.

3. Mengatur Jadwal Untuk 'Istirahat'

Beberapa smartphone yang ada saat ini sudah memiliki fitur yang disebut 'Do Not Disturb' atau 'Sleep'. Lewat fitur ini, nantinya smartphone dapat dijadwalkan untuk mematikan koneksi data atau Wi-Fi ketika sudah tidak digunakan. Bagi pengguna yang tidak memiliki fitur ini pada perangkatnya, dapat memulainya dengan mengaktifkan 'airplane mode' ketika sedang beristirahat atau ketika smartphone sudah tidak digunakan. Kebiasaan ini tidak hanya menghemat baterai, tapi pengguna juga bisa istirahat sejenak dari rutinitas penggunaan smartphone.

4. Selalu Perbarui Aplikasi yang Ada di Smartphone Kamu

Pembaruan yang hadir untuk aplikasi-aplikasi di smartphone Android biasanya bukan tanpa alasan. Pembaruan tersebut biasanya berguna untuk memperbaiki performa dari smartphone kamu, salah satunya adalah optimisasi penggunaan memori dan baterai. Dengan selalu memperbarui aplikasi yang ada di smartphone, secara tidak langsung dapat juga mengoptimalkan penggunaan baterai. Namun, untuk mencegah habisnya kuota data dengan cepat, lebih baik pembaruan aplikasi dilakukan secara manual atau menggunakan jaringan Wi-Fi.

5. Jangan Terlalu Terobsesi dengan Smartphone

Mungkin ini kebiasaan yang sedikit aneh. Namun, nyatanya ini cukup berpengaruh untuk menghemat penggunaan baterai. Dengan menahan diri untuk menggunakan smartphone secara bijak dan tidak perlu untuk selalu memeriksa atau menggunakan smartphone, secara tidak langsung penggunaan smartphone lebih tepat jika dilakukan ketika kamu membutuhkannya saja, maka daya baterai juga dapat lebih hemat.


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Tips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu. Semoga bermanfaat.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.