7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas - Baterai merupakan salah satu komponen yang paling penting pada sebuah smartphone. Tanpa adanya baterai, sebuah smartphone tidak akan bisa kita gunakan meskipun smartphone tersebut adalah smartphone flagship.

7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

Bila baterai smartphone kamu habis, tentunya kamu akan buru-buru untuk mengecas-nya. Pastinya kamu akan merasa sangat kesal karena untuk mengecasnya membutuhkan waktu yang lama. Semakin besar kapasitas baterai sebuah smartphone, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi ulang baterainya sampai penuh.

Tapi apa jadinya jika smartphone kamu memiliki kapasitas baterai sebesar 1500 mAh, namun mengisi ulang dayanya sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Apalagi jika mengisi ulang daya baterainya semalaman, dan saat pagi hari kamu melihat baterai smartphone kamu hanya terisi sedikit saja dan tidak terisi penuh.

Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai smartphone kamu jadi lama penuh ketika mengecas-nya. Lalu, apa saja penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Baterai Smartphone Lama Penuh Ketika Dicas

1. Sumber Daya

Ketika kamu mengecas smartphone menggunakan laptop atau komputer, biasanya baterai smartphone akan terisi sangat lambat. Kok bisa? Karena port USB yang ada di laptop maupun komputer hanya mengeluarkan output sebesar 500 sampai 900 mAh. Berbeda dengan adaptor charger smartphone yang sekarang, yang rata-rata memiliki output sebesar 1,5 A (1500 mAh) sampai 2 A (2000 mAh).

7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

Jadi bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone hingga penuh. Jadi lebih baik mengecas smartphone-nya langsung ke colokan listrik atau kamu juga bisa menggunakan wireless charger yang dapat mengisi daya smartphone lebih cepat dibanding langsung ke colokan listrik.

2. Adaptor Charger Yang Rusak

Alasan lainnya yang menyebabkan baterai smartphone jadi lama terisi penuh adalah adaptor-nya. Setiap produsen smartphone pastinya memiliki adaptor yang berbeda-beda. Ada yang langsung tanpa kabel USB dan adapula yang memakai kabel USB. Untuk adaptor yang memakai kabel USB tambahan memiliki kadar adaptor yang berbeda-beda, mulai dari tegangan, watt, amper, serta general powerage.

7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

Jika smartphone kamu biasanya di cas menggunakan adaptor yang memiliki output 2 A, maka ketika kamu menggunakan adaptor lain yang memiliki output berbeda dari yang biasa kamu gunakan, tentunya akan menyebabkan proses pengisian menjadi agak lambat.

Nah, agar proses pengisian daya ulang baterai tetap berjalan dengan stabil, maka kamu harus menggunakan adapter bawaan dari smartphone kamu.
Baca JugaTips Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu

3. Kabel USB Bermasalah/Rusak

Salah satu faktor yang menyebabkan baterai smartphone jadi lama penuh ketika dicas adalah kabel USB-nya. Kabel USB yang rusak/bermasalah dapat menghambat daya hantar listrik ke smartphone. Kabel USB yang terlilit, melingkar, memutar, dan lainnya bisa menyebabkan daya hantar listrik ke smartphone jadi terhambat. Jadi pastikan kabel USB kamu dalam keadaan baik-baik saja.

7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

Untuk mengetes apakah kabel USB kamu rusak, kamu bisa mengujinya dengan cara menggunakan kabel USB lain dan kemudian hubungkan ke adapter charger smartphone milik kamu. Jika menggunakan kabel USB lain ternyata proses mengecasnya lebih cepat, maka kabel USB kamu harus diganti.

4. Kabel USB Yang Tidak Sesuai

Penyebab lain yang menyebabkan baterai smartphone menjadi lama penuh ketika di cas adalah kabel USB-nya yang tidak sesuai. Kejadian ini bisa menimpa siapa saja. Jadi, pastikan kamu sudah tepat memasangkan kabel USB ke smartphone.

Selain masalah pemasangan yang tidak tepat, kadang ada juga yang disebabkan oleh masalah teknis karena menggunakan kabel USB yang bukan bawaan smartphone. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan kita sendiri, misalnya kabel USB bawaan smartphone tertinggal dirumah atau lupa membawanya, sehingga akhirnya meminjam punya teman.

Karena adanya perbedaan ukuran dan kedalaman port USB yang ada di smartphone, maka proses pengisian pun menjadi agak lama.

5. Port USB Yang Rusak

7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas

Apakah kamu sering menggunakan kabel USB orang lain untuk mengecas smartphone? Jika iya, lebih baik kamu harus meninggalkan kebiasaan itu. Karena akan menyebabkan port USB di smartphone kamu menjadi cepat rusak. Selain itu, penyebab port USB jadi cepat rusak adalah karena sering mengecas semalaman

6. Koneksi Data Aktif/ON

Koneksi data yang aktif/ON akan membuat smartphone kamu bekerja keras untuk mencari jaringan terbaik agar semua fungsinya bisa berjalan dengan baik. Saat koneksi data di smartphone sedang aktif, bisa membuat baterai smartphone kamu jadi cepat habis, apalagi ketika koneksi data-nya di nonaktifkan, atau bahkan ketika smartphone digunakan sambil menge-cas.

Jadi, lebih baik selama proses isi ulang daya baterai sedang berlangsung, lebih baik kamu mematikan koneksi data agar proses isi ulangnya menjadi lebih cepat. Atau kamu juga bisa memanfaatakan fitur Airplane Mode selama proses pengecasan sedang berlangsung agar proses pengisian menjadi lebih cepat lagi.

7. Faktor Smartphone

Cepat atau lambatnya sebuah smartphone dalam mengisi ulang daya baterai sampai penuh juga ditentukan oleh prosesor yang digunakan oleh smartphone tersebut. Biasanya smartphone dengan prosesor terbaru memiliki kemampuan pengisian baterai yang lebih cepat bila dibandingkan dengan smartphone yang memiliki prosesor model lama.


Itulah 7 Hal Yang Menyebabkan Smartphone Lama Terisi Penuh Ketika Dicas. Agar baterai smartphone kamu tetap awet, selalu gunakanlah charger asli bawaan smartphone kamu ya! Dan cobalah untuk menggunakan fitur Airplane Mode ketika melakukan pengisian ulang baterai smartphone kamu agar lebih cepat isi ulangnya.

Wassalam...

10 comments:

  1. keseringan di charger saat kondisi hp hidup juga mempengaruhi gan, terutama pada batreinya :)

    ReplyDelete
  2. kayaknya gara gara bukan charger ori deh

    ReplyDelete
  3. Wah pantes hp ku lama banget ngecas nya

    ReplyDelete
  4. Nah ketemu juga kenapa hp android lama waktu ngisi batrei, ternyata banyak faktornya yaa., makasih mas bro

    ReplyDelete
  5. tab ku biasanya 3 jam sudah penuh, tapi beberapa waktu belakangan ini bisa sampai 5 jam, padahal charger originalnya juga,namun baterainya juga awetnya lebih lama, kenapa bisa berubah gitu ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah saya sebutkan dalam artikel ini mbak. Bisa karena kabel USB-nya, port USB-nya, atau adaptornya yang bermasalah.

      Delete
  6. Abis gw flash jadi ngisinya lama banget

    ReplyDelete

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.