Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage Blog

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage Blog - Apakah kamu pernah mengalami hal ini, dimana jumlah postingan di homepage blog kamu secara tiba-tiba hanya tampil satu atau dua artikel saja. Padahal kamu sudah mengatur jumlah postingan yang harus tampil di homepage adalah 6, 7, 8, dan seterusnya. Saya sendiri juga pernah mengalami hal yang sama.

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage

Kejadian itu terjadi ketika selesai mempublikasikan artikel yang baru saya buat. Namun yang terjadi, ketika saya melihat homepage blog saya, hanya 2 atau 3 artikel saja yang tampil. Lalu, saya mencari tahu penyebabnya. Mulai dari cek pengaturan jumlah postingan di homepage dan mengecek jumlah postingan di template blog saya. Namun, tetap saja hasilnya nihil.

Akhirnya saya mencari solusinya di Google. Banyak sekali artikel-artikel yang membahas tentang cara mengatasi jumlah postingan blog yang hanya tampil satu di homepage. Untuk itu, saya mengambil kesimpulan dan membagikan informasinya di blog saya ini. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Postingan Yang Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage

Kebanyakan penyebab dari permasalahan ini adalah karena artikelnya di tulis di Microsoft Word, kemudian langsung di pastekan di editor postingan Blogger. Kenapa bisa begitu? Karena MS. Word bukan text editor melainkan program word processor. Jadi, ketika kamu menulis di MS. Word, lalu menyalinnya. Maka yang tersalin bukan saja text-nya, tapi kode-kode dibelakangnya juga ikut tersalin.

Nah, ketika dipaste di editor postingan Blogger, maka kode-kode dari MS. Word akan bentrok dengan kode-kode Blogger. Inilah yang menyebabkan terjadinya error.

Lalu, solusinya bagaimana?

Solusinya hanya satu, yaitu "Jangan Nulis Artikel di Microsoft Word". Usahakan kamu langsung menulis di editor postingan Blogger atau jika kamu mempunyai smartphone, kamu bisa mengunduh aplikasi Blogger di Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi Blogger di Android, kamu bisa baca artikel Cara Ngeblog Via Aplikasi Android di Smartphone Android.

Jika kamu masih tetap menulis artikel di MS. Word, ya sudah tidak apa-apa. Namun, sebelum mem-pastekan ke editor postingan Blogger, terlebih dahulu kamu pastekan di Notepad. Setelah itu, copy dan pastekan tulisan yang kamu paste ke Notepad tadi ke editor postingan Blogger. Tujuannya, agar kode-kode dari program MS. Word tidak ikut ke editor postingan Blogger.

Namun, yang jadi masalah adalah jika semua artikel di blog sudah hasil copy paste dari MS. Word, atau mungkin kamu tidak pernah merasa menulis artikel di MS. Word. Tentunya, kamu tidak mungkinkan menulis ulang semua artikel di blog kamu. Apalagi jika total artikel di blog kamu sudah lebih dari 40. Bakalan kewalahan untuk melakukannya.

Nah, untuk itu saya akan memberi tahu caranya, agar masalah kamu teratasi tanpa harus menulis ulang semua artikel yang ada di blog kamu. Berikut penjelasannya.

#1. Mengatur Jumlah Postingan Yang Akan Tampil Di Homepage Melalui Pengaturan Blogger

1. Login ke Blogger.com. Lalu, masuk ke "Dashboard" blog kamu.
2. Pilih menu "Setelan / Setting" "Pos, Komentar, dan Berbagi".

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage

3. Pada bagian "Pos", lihat angka pada kolom yang ada di samping tulisan "Tampilkan Sebanyak Mungkin". Nah, jumlah angka tersebut merupakan jumlah artikel yang akan ditampilkan di Homepage. ( sesuaikan dengan keingingan kamu )

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage
Semakin banyak jumlah postingan yang ditampilkan di Homepage, maka semakin tidak baik. Karena akan memperberat loading blog. Selain itu, Blogger hanya mengizinkan maksimal 1 MB untuk halaman index-nya. Artinya, ukuran halaman homepage tidak boleh lebih dari 1 MB termasuk gambar, script, dan lainnya.
4. Setelah itu, pilih "Simpan Setelan"

Jika cara diatas tidak berhasil, gunakan cara kedua berikut ini.

#2. Menggunakan Fitur "Jump Break" di Blogger

1. Login ke Blogger.com. Kemudian, masuk ke "Dashboard" blog kamu.
2. Pilih menu "Pos".

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage

3. Pilih "Edit" pada postingan terakhir yang muncul di homepage blog kamu.

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage

4. Pada akhir paragraf pertama, tambahkan fitur "Jump Break".

Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage

5. Jika sudah, pilih "Perbarui".

Jika kamu sudah mengikuti langkah demi langkah dengan benar, seharusnya blog kamu sudah tidak error lagi dan jumlah artikel yang muncul di homepage kembali normal. Jika masih error juga, berarti ada penyebab lain yang menyebabkan artikel hanya muncul satu atau dua di homepage blog.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mengatasi Postingan Yang Hanya Tampil Satu atau Dua Artikel di Homepage Blog. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Wassalam...

13 comments:

  1. kalu itu udah saya penarnah cobak gan tapi tetap saja 1/2 yang tampil akhirnya saya terpaksa harus ganti templates blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau gak bisa juga, mau tidak mau ya harus ganti template gan

      Delete
  2. Kalau saya nulisnya pake Notepad. Dan juga tetap ngaruh di postingan blog. Nice info lah gan

    ReplyDelete
  3. Nice artikel, sangann bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. betul gan....ini punya saya masih 30 artikel yang belum di perbaiki...
    ada tip lagi gan...jika memang mo nulis di Ms.word... tulis artikel layaknya nulis diblog di HTML lengkap dengan kode HTMLnya...kemudian pastekan artikel di HTML bukan di KOMPOSE...
    salam kenal dari blogger newbie..kumbal gan
    primbonmujarobatsite*blogspot*com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan atas tipsnya. Salam kenal juga gan

      Delete
  5. Thanks gan, sangat bermanfaat ini artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan. Sering-sering berkunjung ya gan

      Delete
  6. Ok gan makasih infonya , sangat bermanfaat gan akan saya coba , salam dari blogger yang baru coba coba . tq

    ReplyDelete

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.