Cara Merawat Dan Membersihkan Monitor LCD Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Dan Membersihkan Monitor LCD Yang Baik dan Benar - Monitor LCD memang sudah menjadi trend di jaman sekarang yang sudah menggantikan eksistensi monitor CRT yang telah lebih dahulu dan lebih lama digunakan pada masanya. Kehadiran monitor LCD dan ini telah menggeser eksistensi monitor CRT karena monitor LCD memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh monitor CRT.

Cara Merawat Dan Membersihkan Monitor LCD Yang Baik dan Benar

Desainnya yang stylish, kompak serta tidak menghabiskan banyak ruang sudah menjadi alasan utama kenapa orang banyak menggunakan monitor LCD ini. Selain itu, monitor LCD memerlukan konsumsi daya yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan monitor CRT.

Agar monitor LCD memiliki masa pakai yang lebih panjang, tentunya perlu dilakukan perawatan rutin. Karena hal ini akan berdampak terhadap kenyamanan pada saat menggunakannya. Karena barang apapun yang tak pernah dirawat tentu akan cepat usang dan kurang enak jika dipandang. 

Untuk merawat monitor LCD sebenarnya tidaklah susah, asalkan kita telaten dan memperlakukannya seperti semestinya.

Perawatan merupakan salah satu bentuk penghematan karena merawat lebih baik daripada membeli baru, kecuali jika barang tersebut memang sudah tidak dapat digunakan lagi.

Jika kamu punya komputer dengan monitor LCD, mungkin tips ini bisa kamu jadikan panduan untuk merawat dan membersikan monitor LCD dengan baik dan benar.

Cara Merawat Monitor LCD

  1. Gunakan screen-protector untuk melindungi layar agar aman dari goresan.
  2. Saat kamu sedang tidak menggunakan komputer, tutupi monitor LCD dengan kain agar tidak berdebu. Karena monitor yang berdebu bisa berakibat panas yang berlebihan sehingga monitor menjadi cepat rusak.
  3. Jauhkan monitor LCD dari benda-benda yang mengandung magnet karena bisa merusak layar monitor.
  4. Usahakan penempatan posisi monitor tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena pada dasarnya, semua alat elektronik tidak baik jika terkena panas karena dapat memperpendek usianya.
  5. Saat menggunakan komputer, jangan tutupi ventilasi monitor yang di belakangnya. Hal ini untuk menjaga agar suhu monitor tidak terlalu panas.
  6. Jaga monitor agar tidak sampai mendapat guncangan yang keras, tergores, apalagi sampai terjatuh. Karena monitor LCD sangat sensitif.

Cara Membersihkan Layar Monitor

  1. Saat membersihkan layar monitor, usahakan jangan ada kabel listrik yang terhubung atau menyala. Jadi, untuk lebih amannya, cabutlah colokan kabel monitor dari stop kontak setelah kamu selesai menggunakan komputer. 
  2. Sebaiknya kamu gunakan cairan khusus untuk membersihkan monitor. Caranya, semprotkan cairan tersebut ke kain terlebih dahulu, kemudian bersihkan monitor dengan kain tersebut.

Itulah sedikit tips yang saya bagikan mengenai Cara Membersihkan Monitor LCD Dengan Baik dan Benar. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.