Inilah Alasannya Kenapa Kabel Earphone Panjang Sebelah

Inilah Alasannya Kenapa Kabel Earphone Panjang Sebelah - Apakah kamu suka mendengarkan musik atau telponan lewat earphone? Kalau iya, apakah kamu pernah memperhatikan kalau panjang kabel earphone tersebut berbeda antara yang kiri dengan yang kanan?

Inilah Alasannya Kenapa Kabel Earphone Panjang Sebelah

Meski tidak semua earphone memiliki panjang kabel yang berbeda, hal tersebut pasti akan membuat orang penasaran kenapa bisa begitu. Agar kamu tidak penasaran lagi, saya akan menjelaskan mengenai kenapa panjang kabel earphone panjang sebelah.

Inilah Alasannya Kenapa Kabel Earphone Panjang Sebelah

1. Untuk Membedakan Antara Yang Kiri dan Yang Kanan

Setiap earphone pasti memiliki tanda yang berfungsi untuk membedakan antara yang kiri dan yang kanan. Huruf L (left) berarti untuk sebelah kiri dan huruf R (right) berarti untuk sebelah kanan. Selain tanda L dan R, kabel yang panjang sebelah juga digunakan untuk membedakan earphone tersebut. Kenapa harus dibedakan?

Manusia memiliki dua telinga yang terletak di kanan dan kiri. Pada saat memasang kedua kabel eaephone, efek suara akan lebih nyata bila dibandingkan dengan hanya memasang satu kabel earphone. Ketika memasang kedua kabel earphone ke telinga kita pada saat mendengarkan lagu, kita akan merasa lagu tersebut seolah-olah berjalan dari kiri ke kanan atau bahkan memutari kepala kita. Hal itulah yang dinamakan efek stereo dan surround.

Telinga manusia merupakan organ yang cukup kompleks yang terdiri dari susunan tulang-tulang kecil yang memiliki fungsi berbeda-beda. Hal inilah yang membuat suara masuk ke bagian kiri dan kanan, atau juga bisa sebaliknya.

2. Untuk Mempertajam Rekaman Suara

Pada kabel bagian kiri biasanya tersedia Mic yang berfungsi untuk merekam suara. Karena kabel bagian kiri adalah kabel yang pendek, sehingga penangkapan suara menjadi lebih baik dibandingkan jika Mic-nya ditaruh di kabel sebelah kanan.

3. Agar Mempermudah Untuk Menaruhnya Di Saku Celana

Untuk membedakan antara kabel earphone kiri dan kanan adalah tanda L dan R. Selain itu, kabel yang panjang sebelah juga digunakan untuk membedakan earphone tersebut. Biasanya kabel sebelah kanan lebih panjang daripada kabel sebelah kiri. Alasanya adalah untuk mempermudah pengguna saat menaruh handphone atau pemutar musik yang dicolokkan ke earphone pada kantong sebelah kiri.

Pada saat kamu menaruh handphone atau pemutar musik di kantong sebelah kiri, tentu jarak yang ditempuh di kabel sebelah kanan akan lebih panjang. Hal itulah yang membuat kenapa kabel kanan earphone lebih panjang daripada kabel kiri.

4. Agar Mudah Ditemukan Ditempat Yang Kurang Cahaya atau Gelap

Panjang kabel juga bisa digunakan untuk membedakan pada saat kita ingin menggunakan earphone di tempat yang gelap. Ditempat yang gelap, tentu tanda L dan R tidak terlalu kelihatan. Untuk mempermudah membedakan antara bagian kiri dan kanan sebuah earphone saat di tempat gelap, kamu hanya perlu meraba kabel earphone tersebut.

5. Untuk Memudahkan Telponan Tanpa Tangan

Berbeda dengan headset yang memiliki panjang kabel yang sama, earphone justru memiliki panjang kabel sebelah. Headset memiliki jepitan, sedangkan earphone tidak memiliki jepitan. Sebenarnya hal ini dapat mempermudah pengguna smartphone pada saat ingin melakukan panggilan telepon tanpa harus menjepit ataupun memegang dengan tangan untuk didekatkan ke mulut. 
Itulah beberapa Alasan Kenapa Kabel Earphone Panjang Sebelah. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.