Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak atau Tidak Terbaca

Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak atau Tidak Terbaca - Mengatasi SD Card atau kartu memori yang rusak atau tidak terbaca sebenarnya gampang - gampang susah, karena tergantung dari penyebab dan kerusakan SD Card itu sendiri. Jika kamu mengalami hal seperti ini, kamu jangan panik, karena hal ini sudah sering dialami oleh pengguna smartphone.

Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak atau Tidak Terbaca

Tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan kartu memory tidak bisa terbaca. Salah satu faktornya, yaitu sering memindah-mindahkan memory card ke hp yang satu dengan hp yang lainya. Meskipun hal itu terihat biasa saja, namun yang perlu kamu ketahui bahwa keseringan meng-copy isi memory card dengan cara memindah- mindahkannya, dapat menggores tembaga kuning yang ada pada kartu memori itu sendiri, akibatnya memori tidak dapat terbaca dengan baik. Kalau sudah begini, yang mungkin kamu lakukan ya menggantinya dengan yang baru. 

Eeitss... sebelum kamu mengganti kartu memorinya dengan yang baru, adakalanya kamu mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak atau Tidak Terbaca

Cara ini tidak hanya dapat memperbaiki kartu memori HP saja, tetapi BlackBerry, Android, kamera, dan handycam juga bisa diperbaiki dengan cara dibawah ini.

Langkah Pertama

  1. Pastikan ponsel kamu dalam keadaan 'OFF' atau Mati.
  2. Jika sudah, keluarkan kartu memori kamu dari ponsel.
  3. Kemudian bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang berwarna putih). 
  4. Hapuslah secara perlahan hingga benar-benar bersih. Usahakan sisi tersebut tidak terkena tangan kamu, karena dapat mengotorkannya lagi.
  5. Jika sudah, masukkan lagi kartu memori tersebut ke dalam slot memori di ponsel kamu. Lalu, nyalakan kembali ponsel kamu.
  6. Setelah itu, coba kamu check lagi apakah kartu memorinya telah terdeteksi, jika terdeteksi coba periksa file-file yang ada di dalam kartu memori tersebut. Jika masih tak terbaca? Cobalah langkah kedua berikut ini.

Langkah Kedua

  1. Pastikan HP kamu dalam keadaan menyala.
  2. Kemudian masuk ke pilihan ‘Options > Memory > Total Space > Repair’. Jika kamu menggunakan Android, masuk ke ‘Setting > Storage > Erase SD Card’.
  3. Coba cek, apakah terbaca atau tidak. Jika tidak bisa lagi, cobalah langkah ketiga berikut ini.
Cara yang ada pada langkah kedua, hanya bisa memperbaiki kartu memori kamu, tidak dapat mengembalikkan file-file yang ada di kartu memori kamu.

Langkah Ketiga

Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak atau Tidak Terbaca
  1. Hubungkan ponsel kamu ke laptop atau PC menggunakan kabel data
  2. Pastikan ponsel kamu terhubung dalam 'mass storage mode', bukan 'media transfer mode'
  3. Melalui Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory ponsel kita, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu sampai selesai. Centang saja semua pilihan seperti pada gambar diatas.
  4. Eject drive kartu memori tadi, lalu cabut kabel datanya
  5. Coba cek, sudah terbaca atau belum? Jika belum coba langkah keempat berikut ini.

Langkah Keempat

  1. Sama seperti langkah ke tiga diatas dari langkah satu sampai langkah ketiga. Jika kartu memori kamu benar-benar bermasalah, biasanya akan ada pesan kesalahan. Jika di laptop terbaca dan terlihat baik-baik saja tetapi tetap tidak terbaca di ponsel, lanjutkan dengan langkah berikut.
  2. Buat folder baru di hard disk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi
  3. Copy seluruh isi data kartu memori tersebut.
  4. Format kartu memory tadi. Caranya: Arahkan kursor mouse pada drive kartu memory. Lalu, klik kanan > pilih format > pilih/beri tanda centang pada pilihan FAT16 > klik Start dan tunggu sampai selesai > klik Close. Kembalikan file hasil copy pada langkah ke 3 tadi, ke kartu memori
  5. Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.
Jika keempat cara di atas sudah kamu lakukan dengan benar, dan kartu memori kamu belum terbaca juga, maka jalan satu-satunya kamu harus menggantinya dengan baru.
Sekedar Info :
Terkadang menghubungkan ponsel ke laptop atau PC agak sulit dilakukan. Bisa karena tidak ada kabel data atau Windows Explorer tetap tidak bisa mengenali kartu memori dengan baik. Nah, coba manfaatkan card-reader saja. Atau kalau kamu mempunyai modem, periksa apakah modem kamu itu tersedia slot memori, kalau iya, pakai itu saja, lalu lakukan seperti langkah-langkah memperbaiki kartu memory tidak terbaca rusak atau corrupt di atas. Semoga kartu memori kamu bisa berfungsi kembali.

Demikianlah informasi Cara Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak atau Tidak Terbaca. Semoga bermanfaat.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.