6 Cara Memilih Nama Dan Domain Blog

6 Cara Memilih Nama dan Domain Blog - Membuat blog bukanlah hal yang sulit, namun yang sedikit menyulitkan itu adalah menentukan nama/judul blog dan domain blog agar mudah diingat oleh pengunjung blog. Oleh sebab itu, saya akan memberikan Cara Terbaik Dalam Memilih Nama Dan Domain Blog. Berikut penjelasannya.

6 Cara Memilih Nama Dan Domain Blog

6 Cara Memilih Nama dan Domain Blog

1. Buatlah Nama Blog Yang Mudah Diingat 

Tujuan dibuatnya judul blog adalah agar pengunjung mudah mengingat blog kita. Oleh sebab itu, carilah judul blog yang mudah diingat. Biasanya pengunjung blog atau sebagian orang akan mudah mengingat blog yang menggunakan judul yang terdiri dari dua kata, misalnya Info Teknologi. Mudah diingat merupakan strategi terbaik dalam meningkatkan trafik pengunjung blog kita.

2. Nama Blog Harus Sesuai Dengan Penjelasan Isi Blog

Ini menjadi prioritas utama. Coba bayangkan ketika kamu melakukan searching di mesin pencari, setelah melihat hasilnya, situs mana yang cenderung lebih menarik untuk kamu kunjungi? Apakah blog yang dari namanya saja, misalnya judul blognya Info Teknologi, dari judulnya aja kamu sudah dapat menerka isi dari blog tersebut, bukan? Jadi intinya itu, sebisa mungkin usahakan nama blog kamu sudah langsung dapat mencerminkan apa yang disajikan di blog kamu. Dengan begitu, akan lebih memberi peluang buat kamu dalam memenangkan persaingan untuk mendapatkan pembaca.

3. Hindari Penggunaan Kata Yang Akan Membingungkan Pengunjung

Hindari menggunakan kata-kata yang membingungkan terutama jika kamu memilih menggunakan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris. Jangan sampai kamu salah dalam penulisan kata ataupun grammar walaupun memang banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang dibuat dalam bentuk gambar . Hindari juga penggunaan kata-kata yang mirip dengan tagline produk-produk tertentu karena bisa berujung dengan kebingungan pembaca dan sangat tidak etis bukan! jika kita menjiplak hasil karya seseorang.

4. Cek Availability Dari Nama Blog Yang Akan Digunakan

Terkadang, nama blog yang akan kamu gunakan ternyata sudah terpakai oleh orang lain, dan itu mungkin akan menimbulkan kekecewaan. Nah, untuk mengetahui apakah nama blog yang akan kamu gunakan sudah terpakai atau belum oleh orang. Caranya cukup mudah, tinggal ketikkan nama blog yang ingin kamu gunakan di search engine. Dari situ, kamu dapat melihat apakah nama blog kamu sudah terpakai atau belum. Karena, nama yang sama bisa menjadi saingan pada nantinya, terlebih lagi jika membahas topik yang sama. Tentu tidak maukan hal itu terjadi?

5. Usahakan Nama Blog Sama Dengan Domain Blog

Untuk yang satu ini, seringkali diabaikan oleh para blogger. Mungkin disebabkan memang agak sulit mencari nama domain yang diinginkan yang belum didaftarkan oleh orang lain.Tapi, jika nama blog tidak sama dengan alamat domain, maka kamu telah kehilangan satu lagi peluang mendapatkan banyak pengunjung. Terutama mereka yang berkunjung ke blog kamu melalui sebuah link, mereka akan mengingat nama blog kamu, bukan alamat domainnya. Kenyataannya, nama blog akan lebih mudah diingat bila dibandingkan dengan alamat domain. Sehingga ketika pengunjung blog kamu ingin kembali berkunjung dan hanya mengingat nama blog, maka mereka akan mengetikkan nama tersebut di browser mereka. Ketika mereka tidak menemukannya, kemungkinan besar mereka akan mencari blog lainnya. Tentu kamu tidak ingin bukan kehilangan pengunjung?

6. Diskusi Dengan Orang Terdekat

Opini atau saran dari orang lain sangatlah penting. Karena, siapa tahu mereka dapat memberikan ide-ide cemerlang yang bisa membuat blog kamu menjadi lebih baik. Sekali - kali mintalah pendapat dan berdiskusi dengan keluarga atau sahabat. Bisa juga dengan cara itu, kamu bisa melakukan promosi terhadap blog kamu, sehingga blog kamu memiliki kemajuan yang lebih baik.


Itulah sedikit informasi yang saya sampaikan mengenai 6 Cara Memilih Nama dan Domain Blog. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.