Apa Itu Launcher Android?

Apa Itu Launcher Android? - Launcher adalah sebuah aplikasi yang khusus didesain untuk melakukan manajemen aplikasi dan juga merubah struktur tema atau tampilan pada sebuah smartphone. Launcher sangat sering di pakai atau digunakan untuk merubah tampilan smartphone menjadi sesuai dengan kehendak kita. Tidak hanya itu saja, launcher juga banyak sekali manfaat/fitur yang sudah disedikan sehingga kita bisa gunakan sesuai dengan keinginan dan kemauan kita. Yang membuat aplikasi launcher semakin populer adalah karena kemampuan merubah tampilan smartphone. Karena tampilan bawaan/default pada di sistem operasi android sangat kaku, monoton dan sangat umum. Tentu saja terkadang hal tersebut membuat pengguna merasa bosan.

Contoh Launcher, Apa Itu Launcher?

Sedangkan jika kita ingin merubah tampilan di smartphone android kita, kita harus mengerti coding dan bahasa pemrograman yang sangat membingungkan. Oleh karena itu banyak pengembang aplikasi android membuat aplikasi yang bisa memecahkan masalah ini, maka dibuatlah aplikasi launcher. Launcher tidak hanya mampu merubah tampilan android smartphone kita tapi juga mampu memanage/mengatur semua aplikasi menjadi sesuai dengan keinginan kita. Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda - beda dalam menggunakan smartphonenya. Ada pengguna smartphone yang menggunakan smartphonenya hanya untuk bermain game, ada pula pengguna smartphone yang menggunakan smartphonenya sebagai alat kerja, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi launcher, kita bisa mengatur drawer/laci aplikasi kita. Dengan drawer/laci ini, kita akan sangat mudah untuk membuka aplikasi yang selalu kita butuhkan.

Selain itu, manajemen aplikasi yang baik akan semakin membuat tampilan smartphone menjadi lebih cantik. Penggolongan aplikasi yang sesuai dengan kelompoknya ini akan membuat tampilan menjadi lebih ringkas dan tentunya akan lebih mudah dalam menggunakannya.

Selain manfaat yang sudah saya sebutkan di atas, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Launcher secara umum. Meski sebagian launcher di optimasi oleh pengembangnya dengan menyematkan banyak fitur namun secara umum keunggulan launcher ini akan saya jabarkan dibawah ini. Berikut Penjelasannya :

1. Fungsi Theme 

Fungsi theme atau tema adalah merubah tampilan smartphone sesuai dengan keinginan kita. Launcher sering mempunyai banyak fitur theme bawaan yang sudah tersedia pada librarynya. Selain itu juga tersedia lebih banyak saat kamu search/cari di aplikasi launchernya secara online. Theme yang disediakan biasanya bervariasi dan dibedakan sesuai dengan topik serta sesuai dengan keingingan pengguna.

2. Fungsi Manajemen Apps ( Aplikasi )

Salah satu fitur yang selalu ada pada sebuah aplikasi launcher selain theme adalah fungsi manajemen aplikasi. Dengan adanya launcher, kita bisa membuat strutur icon apps sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita sendiri. Karena pada tampilan Android bawaan ( default ) susunan apps disamakan semuanya maka kadang tidak sesuai dengan keinginan pribadi penguna. Dengan adanya fungsi manajemen apps ini, kita bisa mengatur keseluruhan icon app sesuka hati kita sesuai dengan keinginan kita. 

3. Fungsi Menampilkan atau Menyembunyikan Icon Apps

Fitur hiding apps/folder ini bisa sangat berguna sekali jika kita ingin apps/folder kita hanya kita sendiri yang tahu. Dengan cara ini, kita dapat mencegah orang lain yang suka memegang/meminjam smartphone kita untuk mengetahui apps/folder yang bersifat privasi. Kan banyak file yang bersifat privasi yang ingin kita sembuyikan dari pandangan orang dekat kita. Nah dengan fitur ini, bisa sangat membantu kebutuhan kita tersebut. 

4. Fitur Pencarian Apps

Fitur ini sangat berguna sekali buat kamu yang “lupa” dimana kamu menaruh apps yang sudah kamu susun tadi. Fitur ini juga mampu mencari apps kamu dengan lebih cepat. Dibeberapa aplikasi launcher, fitur ini dioptimasi menjadi karakter launchernya sendiri. Misalnya seperti di Nokia Z Launcher, mencari aplikasi cukup dengan menulis huruf pada layar memanfaatkan gesture. Atau di Launcher EverythingMe dan Google Now Launcher yang untuk fitur pencariannya super cepat untuk mencari kontak, aplikasi, dan halaman web lewat kolom search dibagian homepage. 

5. Dan masih banyak lagi keunggulan - keunggulan lainnya jika kamu menggunakan launcher.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan jika ingin menginstal sebuah aplikasi launcher di smartphone kamu. Yaitu spesifikasi smartphone kamu, apakah penyimpanan ( RAM ) di smartphone kamu masih tersedia? Karena sifat launcher yang selalu hidup itu akan bersama-sama dengan aplikasi media sosial ( facebook, twitter, BBM, whatsapp, instagram, dll ) akan membebani source RAM smartphone kamu. Namun jika kamu sudah memastikan penyimpanan ( RAM ) smartphone kamu cukup maka installah aplikasi launcher. Karena launcher sangat keren. Sayang jika sudah punya smartphone tapi tampilannya itu-itu saja.

Jika kamu sudah mempunyai smartphone, tapi tampilannya masih itu saja, sehingga membuat kamu bosan? Adakalanya kamu download aplikasi launcher di Google Play Store yang akan merubah tampilan smartphone kamu.


Nah itulah sedikit informasi yang saya sampaikan mengenai Apa Itu Launcher dan apa saja keunggulannya. Terima Kasih sudah mengunjungi blog ini ya. Jangan Lupa Artikel Ini di SHARE Ya !!!

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.