7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android - Menguasai bahasa pemograman atau coding merupakan kebanggaan tersendiri buat kita. Karena dengan menguasai bahasa pemograman kita bisa membuat sebuah website ataupun aplikasi sendiri tanpa harus meminta bantuan ke orang lain. Agar dapat memahami bahasa pemograman atau coding ini tentunya diperlukan yang namanya belajar. Tanpa belajar kita tidak bisa apa-apa. Betul tidak?

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Bagi pemula, belajar coding sangatlah sulit. Namun, jika kita tekun belajar pasti semuanya akan menjadi mudah. Nah, berkat kecanggihan teknologi, belajar coding tidak hanya dapat dilakukan di website saja, namun juga bisa dilakukan di smartphone. Sama seperti di website, kamu juga akan diajarkan bahasa pemograman dari nol. Nah, berikut ini 7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar coding. Untuk di website, kamu bisa baca artikel 12 Situs Belajar Coding Secara Gratis.

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

1. Programming Hub, Learn to code

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Aplikasi belajar coding di Android yang pertama kita bahas adalah Programming Hub, Learn to code. Aplikasi Programming Hub, Learn to code ini merupakan aplikasi belajar coding yang bisa membantu kamu untuk mempelajari bahasa pemograman, khususnya bahasa pemograman HTML, CSS, dan juga Javascript.

Salah satu fitur yang ada di aplikasi ini adalah compiler offline, yang mana kamu dapat belajar dan berlatih tanpa harus terkoneksi internet. Terdapat lebih dari 18+ bahasa pemograman yang bisa kamu pelajari melalui aplikasi ini. Perlu diketahui, aplikasi yang dikembangkan oleh Nexino Labs Pvt Ltd ini telah di unduh lebih dari 1 Juta kali oleh pengguna Android. Tertarik mencoba?

2. Codebox

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Codebox
merupakan aplikasi belajar coding di Android yang mana kamu akan diajarkan bahasa pemograman Java dan C. Dengan aplikasi Codebox ini, kamu akan diajarkan algoritma dasar dalam bahasa pemograman, seperti perbandingan, pengulangan, pencarian, sorting, dan lain sebagainya.
Menariknya, untuk mempermudah proses pembelajaran, kamu akan diberikan contoh program. Kelebihan lain dari aplikasi yang dikembangkan oleh Codeguys ini, yaitu size atau ukuran file-nya yang kecil, yakni hanya 1,85 MB. Aplikasi ini telah di unduh lebih dari 100 Ribu kali oleh pengguna Android.

3. C Programming

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Sesuai dengan namanya, C Programming merupakan aplikasi belajar coding di Android yang mana kamu akan diajarkan bahasa pemograman C. Di aplikasi C Programming ini, kamu akan diajarkan lebih dari 100 program C yang telah dikemas dengan tutorial yang mudah dan lengkap. Selain itu, antarmuka yang sederhana dan juga isi yang cukup lengkap membuat aplikasi ini mudah untuk dipahami oleh penggunanya. Bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh Akshay Bhange ini telah di unduh lebih dari 500 Ribu kali oleh pengguna Android.

4. SoloLearn Apps

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

SoloLearn
merupakan developer atau pengembang aplikasi belajar coding di Android. Ada banyak aplikasi yang diciptakan SoloLearn ini, diantaranya Learn HTML, Learn C++, Learn Java, Learn PHP, Learn Python, Learn JavaScript, Learn SQL, Learn CSS, Learn C#, dan Learn Programming with Swift. Jadi untuk menggunakannya, kamu harus berpikir objektif atau tujuan yang jelas mengenai pemograman apa yang ingin dipelajari. Kan gak mungkin kamu meng-install nya satu per satu?

Bahkan semua aplikasi yang diciptakan oleh SoloLearn ini memiliki rating yang cukup tinggi. Hal itu disebabkan karena Apps dari SoloLearn ini memiliki tampilan yang dinamis, interaktif, dan menawarkan pendekatan yang bagus untuk belajar dasar-dasar coding. Menariknya, semua aplikasi dari SoloLearn ini dilengkapi dengan quiz dan chekpoint. Selain itu, terdapat pula leaderboard online, yang mana kamu bisa melihat peringkat dan skor seluruh pengguna aplikasi SoloLearn ini di seluruh dunia.

5. Learn Programming

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Aplikasi Learn Programming merupakan aplikasi belajar coding di Android yang mana kamu akan diajarkan bahasa pemograman HTML5. Dengan aplikasi Learn Programming ini, kamu akan mempelajari dasar-dasar pemograman HTML5 yang biasa digunakan dalam pembuatan website, seperti tag-tag yang ada di HTML5. Aplikasi ini akan menyertakan informasi dari setiap tag yang ada di HTML5 sehingga kamu bisa mengetahui fungsi dan cara kerja dari setiap tag tersebut serta dilengkapi dengan sumber kode.

Menariknya, aplikasi yang dikembangkan oleh Jan Tursky ini selain pemograman HTML5, kamu juga bisa mempelajari pemograman Java, LISP, JSP. Python, Perl, JavaScript, Pascal, PHP, Ruby, dan masih banyak lagi. Setelah belajar, kamu juga bisa mengikuti kuis untuk mengetahui seberapa jauh kamu memahami pemograman yang sudah kamu pelajari.

6. Udacity – Learn Programming

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Udacity – Learn Programming
merupakan aplikasi belajar coding di Android yang mana kamu akan diajarkan bahasa pemograman HTML, CSS, Python, JavaScript, Java dan masih banyak lagi. Metode pembelajaran yang digunakan aplikasi ini, yaitu berupa video penjelasan yang tentunya akan memudahkan penggunanya dalam memahami materi yang diberikan. Menariknya, materi yang diajarkan disediakan oleh para ahli industri dari Google, Facebook, Cloudera, dan MongoDB. Aplikasi yang dikembangkan oleh Udacity ini telah di unduh lebih dari 500 Ribu kali oleh pengguna Android lho!

7. AIDE- IDE for Android Java C++

7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android

Aplikasi belajar coding di Android lainnya adalah AIDE- IDE for Android Java C++. Aplikasi AIDE- IDE for Android Java C++ merupakan aplikasi untuk belajar bahasa pemograman Java atau Android. Dengan aplikasi ini, kamu dapat langsung bereksperimen melalui smartphone sehingga kamu dapat lebih mengerti dan memahami pemograman Java. Ada tiga kategori yang bisa kamu pelajari, yakni Java Skill, Game Development, dan Android Development. Aplikasi ini cukup interaktif karena kamu akan dipandu secara bertahap.

Misalnya, pada materi pertama, yaitu menampilkan "Hello World", kamu akan diberi petunjuk untuk menjalankan program yang sudah disediakan. Kemudian setelah program telah dijalankan, kamu akan diarahkan ke tahap selanjutnya, yakni memodifikasi kode program yang disediakan. Menariknya, terdapat sebuah panah yang berfungsi untuk memudahkan pengguna mengenai bagian mana yang harus diedit.

Sayangnya, aplikasi yang dikembangkan oleh appfour ini hanya menyediakan dua meteri saja yang dapat di akses secara gratis. Jadi, jika kamu ingin mengakses semua materi yang telah disediakan, kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Tapi hal itu tidak akan menjadi masalah jika kamu ingin serius belajar bahasa pemograman Java. Tertarik mencoba?



Nah, itulah 7 Aplikasi Belajar Coding Terbaik Di Android. Semoga informasi ini bermanfaat ya, terlebih buat kamu yang ingin serius belajar coding. Selamat mencoba.

Wassalam...

14 comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.