5 Nasihat Keamanan Smartphone Dari 'Mbah' Google

5 Nasihat Keamanan Smartphone Dari 'Mbah' Google - Saat ini smartphone sudah menjelma menjadi komputer mini yang memungkinkan semua orang dapat mengakses informasi dan layanan apa saja buat mereka yang sibuk. Namun, dengan semakin mudahnya kamu mengakses internet melalui smartphone, maka semakin besar bahaya keamanan yang ditimbulkan dengan mengakses internet di smartphone.

5 Nasihat Keamanan Smartphone Dari 'Mbah' Google

Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan keamanan pada smartphone kamu agar terhindar dari serangan hacker, pembajakan, dll. Raksasa internet dan juga pemilik OS Android, yakni Google memberikan nasihat sederhana yang dapat melindungi smartphone kita dari berbagai bahaya yang mengintai.

Berikut ini adalah langkah - langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk melindungi smartphone kamu, seperti yang dikutip dari detikInet.

5 Nasihat Keamanan Smartphone Dari 'Mbah' Google

1. Mengunci Layar Smartphone

Hal pertama yang akan kamu lakukan pada saat membeli smartphone adalah melakukan pengaturan penguncian layar. Kamu dapat mengaturnya dengan menggunakan kode PIN, password atau pola, untuk mencegah orang lain membuka informasi pribadi kamu.

2. Hati-Hati Menggunakan Wi-Fi Yang Tidak Terproteksi atau Tidak Menggunakan Password

Jaringan Wi-Fi yang tidak terproteksi atau tidak menggunakan password dapat dimanfaatkan sebagai gerbang penyalahgunaan informasi pribadi seseorang. Berhati-hatilah ketika mengakses internet di jaringan Wi-Fi yang tidak terproteksi atau terbuka. Bisa saja pemilik layanan memantau semua lalu lintas di jaringannya, termasuk memantau informasi pribadi kamu jika koneksi internetnya tidak dienkripsi. 

Oleh karena itu, ketika menggunakan Wi-Fi umum atau tidak terproteksi, hindari memasukkan informasi pribadi kamu seperti 'username' dan 'password', atau melakukan transaksi online seperti transaksi perbankan ataupun belanja online.

3. Mengaktifkan Android Device Manager 

Apabila kamu memiliki smartphone berbasis Android, kamu dapat mengaktifkan Android Device Manager agar dapat mencari lokasi ponsel di sebuah peta. 

Kamu bisa membunyikan, mengunci, melakukan panggilan telepon, atau menghapus semua file yang ada di smartphone ketika terjadi kehilangan atau kecurian. Dengan cara ini, informasi yang ada akan tetap aman.

4. Proteksi Anak - Anak Sedini Mungkin

Jika kamu memiliki putra dan putri, sebaiknya kamu berikan pemahaman mengenai keamanan online sebelum kamu memberikan mereka sebuah smartphone atau tablet. Sejak dini, anak-anak perlu dibekali pemahaman mengenai situs - situs mana saja yang boleh diakses untuk usia mereka, informasi apa saja yang dapat mereka berikan kepada orang lain, dan mereka juga perlu dibekali pemahaman mengenai pentingnya password atau PIN yang baik. 

Pemahaman ini sangat penting agar mereka tidak sembarangan memberikan infoirmasi pribadinya ke orang lain. Sama halnya dengan memberikan pemahaman saat kamu memberikan informasi agar mereka tidak berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal di tempat umum. Tanyakan kepada putra-putri kamu apabila mereka menerima sebuah pesan yang meminta informasi pribadi, dan jangan pernah menanggapi pesan mencurigakan apalagi menawarkan sebuah hadiah.

5. Memilih Aplikasi Yang Aman dan Sesuai dengan Spesifikasi Smartphone

Ada berjuta-juta aplikasi mobile, dan kebanyakan tersedia secara gratis serta mudah untuk didownload. Namun kita harus pilih-pilih dan berpikir dua kali sebelum mendownload-nya. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang berisi malware atau software yang berbahaya yang bisa merusak smartphone. Agar terhindar dari download aplikasi berbahaya, sebaiknya kamu baca terlebih dulu komentar dari pengguna lain yang sudah ada di kolom review. 

Perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan sistem dan kebijakan privasi untuk memahami informasi pribadi apa saja yang dapat diakses aplikasi. Yang paling penting, selalu download aplikasi dari sumber resmi seperti Google Play Store untuk pengguna Android atau Apple Store untuk pengguna iPhone dan iPad.

Itulah 5 Nasihat Keamanan Smartphone Dari 'Mbah' Google. Semoga bermanfaat ya.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.