7 Fitur Terbaru Yang Ada di Android N

7 Fitur Terbaru Yang Ada di "Android N" - Saat ini OS Android sangat banyak di gunakan di seluruh dunia. Karena OS Android ini memiliki tampilan antar muka yang sangat baik dan sangat mudah digunakan. Selain itu, tampilan UI ( User Interface ) dari OS Android bisa kita kustomisasi sesuka hati kita asalkan kita mengerti bahasa pemograman.

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini baru saja merilis penerus Android 6.0 Marshmallow, yakni Android N. Harap diingat, Android N saat ini hanya dirilis untuk develoler aja, atau bisa dikatakan masih dalam tahap Preview Developer atau Android N Developer Preview. Untuk mempermudah para developer, Google merilis Android N versi Developer Preview ini melalui Update OTA.

Mengenai nama dari Android N ini, saat ini masih menjadi pertanyaan. Namun dari sebuah pernyataan dari pihak Google, nama Android N ini disinyalir kuat akan bernama Nuttela, yang merupakan nama sebuah selai kacang coklat yang sangat terkenal di dunia.

Dengan dirilisnya versi terbaru dari Android ini, tentu Google sudah melakukan banyak pembaruan, salah satunya adalah penambahan fitur baru yang sebelumnya belum ada pada versi sebelumnya. Mau tahu apa saja fitur terbarunya? Berikut Penjelasannya.

7 Fitur Terbaru Yang Ada di Android N

1. Mode Multi Windows atau Split Screen Multitasking

7 Fitur Terbaru Yang Ada di Android N
Setelah sekian lama, akhirnya Google menambahkan fitur Mode Multi Windows atau Split Screen Multitasking untuk smartphone dan tablet Android. Mode Multi Windows adalah fitur yang digunakan untuk membelah atau membagi tampilan layar sehingga menampilkan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Dengan begitu, akan memudahkan kita dalam melakukan multitasking. Fitur ini hampir mirip dengan fitur Multi Windows yang ada pada OS iOS 9, hanya saja pada OS Android N ini, fitur Multi Windowsnya lebih fleksibel karena pengguna bisa mengatur lebar jendela aplikasi yang diinginkan. Jadi, satu jendela aplikasi bisa diperkecil, dan bisa pula diperbesar.

2. Balas Pesan Langsung Dari Notifikasi

7 Fitur Terbaru Yang Ada di Android N

Fitur ini adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan yang masuk langsung dari notifikasi. Fitur ini menggunakan API yang sama seperti Android Wear, sehingga setiap aplikasi yang sudah mendukung Android Wear tidak memerlukan perubahan kode sama sekali. Tidak hanya itu, Android N juga memungkinkan notifikasi yang masuk disertai foto dari si pengirim. Pengguna juga dapat mengkategorikan notifikasi berdasarkan topik, dan mendesain ulang tampilan notifikasi.

3. Quick Setting

7 Fitur Terbaru Yang Ada di Android N

Sesuai dengan namanya, jendela Quick Setting yang diakses dengan menarik ke bawah layar bagian atas kini bisa dengan mudah dimodifikasi. Kamu bisa menambahkan jalan pintas, hanya dengan 'drag and drop'. Google juga memberikan keleluasaan kepada developer atau produsen smartphone untuk mengubah opsi pengaturan apa saja yang akan ditampilkan di menu Quick Setting, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

4. Penghemat Kuota Data Saver

Bisa dikatakan bahwa fitur yang satu ini terinspirasi dari iOS dan Windows 10. Fitur ini memungkinkan pengguna Android untuk mengurangi penggunaan data pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Bahkan dapat mengurangi konsumsi data pada aplikasi yang sedang berjalan, dengan cara mengurangi bit rate saat kamu sedang melakukan streaming video, mengurangi kualitas gambar, dan metode lainnya. Jadi, Android N akan lebih ramah dalam penggunaan data kuota internet kamu.

5. Pengaturan Layar Yang Lebih Komplit

7 Fitur Terbaru Yang Ada di Android N

Android N juga membawa kemudahan bagi penggunanya yang mengalami gangguan penglihatan. Terdapat fitur untuk mengganti komposisi warna dan perbesaran layar. Selain itu, Android N juga mempunyai pengaturan sensor input gerakan (gesture), font, ukuran layar, dan talkback ( operasi smartphone via suara ).

6. Peningkatan Pada Fitur 'Mode Doze'

Fitur ini berfungsi untuk mematikan semua aplikasi di latar belakang pada saat layar smartphone mati. Fitur Mode Doze sebelumnya sudah ada pada Android 6.0 Marshmallow. Namun, fitur ini dibuat lebih cerdas lagi pada Amdroid N. Pengguna masih akan menerima notifikasi atau suara alarm meski Doze aktif. Alhasil, baterai tetap hemat namun pengguna tidak ketinggalan notifikasi penting. Google juga mengurangi kebutuhan memori pemrosesan data lewat efisiensi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hasilnya, Android N lebih ramah di banyak perangkat dengan memori kecil.

7. Night Mode

Sebenarnya, Google pernah memperkenalkan fitur ini pada Android 6.0 Marshmallow. Namun pada saat peluncurannya, fitur ini tiba-tiba dihilangkan. Setelah Google mendengar kabar bahwa Apple mengumumkan akan menambah fitur serupa yang diberi nama Night Shift pada iOS 9.3, maka Google kembali mennghidupkan fitur ini di Android N. Fitur ini akan mengubah warna layar menjadi lebih kemerahan dalam suasana kurang cahaya sehingga mata pengguna akan lebih nyaman dalam menatapnya.


Itulah ke-7 Fitur Terbaru Dari Android N. Harap diingat, rilis Android N ini baru ditujukan bagi kalangan developer saja, bukan untuk pengguna sehari-hari karena kemungkinan besar, Android N masih dipenuhi dengan bug. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini ya.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.