Apa Itu Android BootLoop dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Android BootLoop dan Cara Mengatasinya - Apakah smartphone Android kamu pernah mengalami restart berulang-ulang? Atau tidak bisa booting atau bahkan hanya menampilkan logo boot ponsel atau logo merk smartphone kamu? Itu bisa dinamakan BootLoop. Ada beberapa sebab yang bisa menyebabkan smartphone kamu menjadi BootLoop, salah satunya adalah kegagalan ketika nge-root smartphone.

Apa Itu Android BootLoop dan Cara Mengatasinya

Android BootLoop sendiri merupakan kejadian dimana terjadi kegagalan pada sistem Android yang menyebabkan tidak bisa melakukan startup sehingga ketika akan masuk ke menu home, terjadi proses restart berulang-ulang yang mengakibatkan kamu tidak bisa menggunakan smartphone Android kamu.

BootLoop sendiri bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
  1. Kesalahan pada saat instal aplikasi
  2. Kesalahan meng-instal font dari pihak ke-3
  3. Sering melepas baterai smartphone secara tiba-tiba, pada saat smartphone kamu masih dalam keadaan menyala.
  4. Kegagalan ketika nge-root smartphone
  5. Mengubah isi script yang ada di root atau folder sistem Android
  6. Menghapus file sistem tanpa kesengajaan atau disengaja, dan lainnya.
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi Android BootLoop ini tidaklah sama pada setiap smartphone Android. Karena seperti yang saya sebutkan di atas, ada beberapa faktor yang menyebabkan BootLoop bisa terjadi, sehingga untuk mengatasinya harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Di Google sendiri, sudah banyak bertebaran mengenai cara mengatasi BootLoop, tetapi belum tentu semuanya cocok untuk kasus yang terjadi pada smartphone Android kamu.

Hal pertama yang harus kamu ketahui untuk mengatasi BootLoop ini adalah dengan mengetahui penyebabnya. Setelah penyebabnya diketahui, kamu tinggal cari bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini 3 jenis BootLoop yang ada di Android dan cara mengatasinya.

Macam-Macam BootLoop dan Cara Mengatasinya

1. Android Light BootLoop

Android Light BootLoop merupakan BootLoop yang cukup mudah diatasi. BootLoop ini biasanya terjadi karena meng-instal APK atau bermain game, tetapi secara tiba-tiba smartphone Android me-restart namun yang terjadi malah BootLoop.

Cara Mengatasinya :
Untuk mengatasi BootLoop tingkat ini, kamu tinggal mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali smartphone kamu seperti biasa. Tetapi untuk tablet agak sulit untuk melepas baterainya, karena baterai terhubung langsung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga untuk melepasnya harus harus melepas timahnya terlebih dahulu.

2. Android Medium Bootloop

Android Medium Bootloop merupakan BootLoop yang biasa terjadi ketika pengguna mencoba untuk mengoprek sistem Android. BootLoop tingkat ini masih bisa diselamatkan, karena kita masih bisa masuk ke dalam recovery mode.

Cara mengatasinya:
Untuk mengatasi bootloop tingkat ini, yang dibutuhkan cukup PC Windows dan file recovery image yang digunakan untuk restore boot image baik yang original ataupun CWM. Cara tersebut masih bisa dilakukan apabila kamu sudah pernah melakukan backup sebelumnya. Namun jika kamu belum pernah melakukan backup, maka kamu harus mencari file recovery dari pengguna lain atau mendownload-nya di Google dengan tipe Android yang sama.

3. Android Hard BootLoop

Android Hard BootLoop merupakan BootLoop yang terjadi akibat adanya modifikasi file Android sehingga terjadi ketidakseimbangan yang mengakibatkan rusaknya file Android. Hal ini biasanya terjadi akibat rooting, mengubah script seperti partisi memori, font, menghapus aplikasi original, salah instal custom rom, dan lainnya.

Cara mengatasinya:
Untuk mengatasi BootLoop tingkat ini, kamu perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat pula karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. Cara flashing pun tergantung pada jenis chipset yang digunakan smartphone kamu.

Sebenarnya dalam mengatasi BootLoop Android ini tergantung pada tipe chipset yang digunakan smartphone kamu dan juga tingkat permasalahan yang dialami smartphone kamu. Semoga bermanfaat.

No comments:

PERHATIAN :
1. Harap berkomentar sesuai dengan topik yang dibicarakan.
2. Dilarang menghina, mempromosikan barang atau sejenisnya.
3. Bagi yang berkomentar meletakkan LINK AKTIF maupun LINK MATI, maka akan dianggap sebagai SPAM, dan tidak akan dipublish dan juga komentar dihapus.

*Tidak semua komentar dapat dijawab


Selamat Berkomentar ...........

Powered by Blogger.